New Media adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas.
PERKEMBANGAN NEW MEDIA
Dewasa ini hampir semua orang terutama mereka yang dalam usia produktif mengenal dan menggunakan internet.Internet adalah media yang mengalami perubahan yang berlangsung dalam hitungan detik dimana informasi yang didapat juga tidak terbatas berasal dari satu daerah saja.Pengaksesan media internet juga mudah sehingga keterbatasan bisa dikatakan hampir tidak ada.Semua yang mengakses internet tidak diketahui siapa,apakah anak kecil atau orang dewasa,mereka hanya dapat dilacak berdasarkan lokasinya karena itulah dikatakan bahwa keberadaan internet saat ini telah banyak memberikan dampak kepada budaya.
Sebenarnya keberadaan new media saat ini yang memberikan dampak terhadap kebudayaan bukan saja internet tetapi interaksi yang dilakukan antara penggunanya dengan computer.Keberadaan kondisi ini yang membuat sebagian orang mengabiskan waktu di depan computer untuk menyelesaikan banyak dari pekerjaan mereka.Interaksi yang terjadi antara manusia dan computer bahkan tidak jarang melebihi interaksi antar manusia dengan manusia terlebih dari banyak kemudahan yang ada pada media-media yang ditawarkan.
Pengaruh positif dalam keberadaan media-media tersebut tentu saja banyak dimana kemajuan informasi yang mudah diperoleh mengakibatkan hampir dalam segala aspek kehidupan berkembang dalam waktu yang tidak lama.Ide-ide,informasi,gagaan,tulisan,karya atau bahan-bahan mentah yang dapat dimuat dalam media elektronik membuat hidup serba cepat,persaingan pun semakin ketat.
Pengaruh buruknya adalah kebiasaan yang banyak berubah karena kemudahan tersebut.Kebudayaan interaksiyang juga bisa didapt dalam internet,bahkan kapanpun dan dimanapun sedikit banyak memberikan dampak social.karena hubungan social tersebut dapat dilakukan tanpa tatap muka,pergeseran budaya lainnya yang terjadi adalah gaya hidup contohnya cara belanja.Hampir semua barang sekarang dapat dibeli secara online,yaitu dengan memberikan contoh gambar barang yang sebenarnya dengan menyertakan keterangan singkat.Pola hidup dan kebiasaan yang berubah ini sebenarnya bukanlah hal yang harus dikhawatirkan selama para pengguna internet dapat bijaksana menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan.
sumber:wikipedia.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar