Desain grafis
adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk
menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks
juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa
dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art.
Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses
pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun
disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Seni disain
grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di
dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak
Dari segi
keilmuan, hakekatnya desain grafis adalah salah satu bentuk dari ilmu seni
rupaterapan. Dalam prosesnya diberikan kebebasan kepada sang desainer atau
perancanguntuk memilih, menciptakan dan mengatur elemen-elemen rupa dasar
seperti garis,warna, bidang, raut, tekstur, value serta bekerja berdasarkan
prinsip-prinsip dasar desaindiantaranya adalah balance/keseimbangan,
rhythm/irama, emphasis/penekanan danunity/kesatuan. Desainer juga bekerja
dengan didukung beberapa aspek lain seperti pemahaman dalam mengorganisasikan
proses kreasi dan memiliki kemampuan dalammenyampaikan atau menangkap pesan.
Pesan-pesan tersebut digarap oleh desainer dalamsebuah karya yang bertujuan
untuk diproduksi atau dikomunikasikan melalui berbagai media.
Pengertian Desain Grafis
Adalah sebuah
proses kreatif yang mengkombinasikan seni danteknologi dalam mengkomunikasikan
gagasan. Desainer bekerja dengan seperangkat‘alat’ untuk menyampaikan pesan
yang berasal dari sumber pesan atau client kepadaaudience. Beberapa perangkat
yang digunakan antara lain gambar, ilustrasi, lukisan, photography, huruf,
angka, grafik dan atau image yang telah di-generate oleh beberpaaplikasi
komputer. Desainer membuat, memilih dan mengorganisasikan semuanya.
Pemodelan
Grafis
Bisa dikatakan bahwa desain
permodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer dan pendesainannya.
Dimana pemodelan adalah proses membentuk sketsa kasar suatu obyek
yang nantinya akan dibuat. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga dapat
terlihat hidup. Proses ini dikerjakan seluruhnya di komputer.
Perkembangan grafis komputer, atau
biasa disebut CG, telah membuat kita dapat berinteraksi dengan mudah dengan
komputer , dan lebih baik untuk memahami dan menafsirkan berbagai jenis data. .
Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang besar pada banyak jenis media
dan telah merevolusi industri dibidang animasi dan video game. Istilah komputer
grafis telah digunakan dalam arti luas untuk menggambarkan “segala sesuatu pada
komputer yang bukan berupa teks atau suara”. Biasanya istilah komputer grafik
banyak digunakan pada beberapa hal:
- Representasi dan manipulasi data citra oleh komputer
- berbagai teknologi yang digunakan untuk membuat dan memanipulasi gambar
- pada gambar yang dihasilkan
- sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual
Saat ini, komputer grafis mengahsilkan
segala sesuatu yang banyak berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan kita
sehari-hari.. Citra komputer grafik dapat ditemukan di televisi, di koran, film
dsb. Seperti misalnya dalam laporan cuaca atau dalam semua jenis
penyelidikan medis dan prosedur operasi. Grafis yang dibuat dengan baik
dapat mepresentasikan hal yang terlihat sulit menjadi suatu hal yang mudah dan
dapat dipahami. Grafik juga dapat digunakan dalam media seperti laporan,
thesis,serta tugas-tugas makalah. Untuk mendukung perkembangan ini telah banyak
perangkat lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari komputer grafis
atau CG. Perangkat-perankat lunak tersebut dapat dikategorikan menjadi 3,
yaitu: untuk 2D, 3D, dan animasi grafis. Karena teknologi berkembang pesat
kebanyakan digunakan adalah perangkat 3D ,tetapi tidak sedikit yang masih
menggunakan perangkat komputer grafis 2D. Oleh karena itu Komputer Grafis
telah muncul sebagai sub-bidang ilmu
komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi
konten visual.
Berikut adalah kegiatan yang
berkaitan dengan grafik komputer:
1.Pemodelan geometris : menciptakan
model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
2.Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.
2.Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar