Rabu, 27 November 2013

KIAT-KIAT UNTUK MENGHADAPI SKRIPSI

Assalamualaikum wr wb

          Pertama saya panjatkan puji syukur ke hadirat Allah swt, yang telah melapangkan dan membimbing jalan saya untuk dapat menimba ilmu sampai sejauh ini. Tak dapat saya kirakan rasanya memikirkan saya dapat menempuh pendidikan di perguruan tinggi ini.

          Sudah tak terasa dalam perjalanan pendidikan saya saat ini sudah mencapai semester tujuh, yang artinya saya sudah menempuh pendidikan selama tiga setengah tahun di UNIVERSITAS GUNADARMA. Selama menimba ilmu saya begitu banyak mendapatkan ilmu dari dosen-dosen yang sangat berkualitas dan sangat membantu mengajarkan ilmu-ilmu yang saya belum pernah ketahui.

          Dalam tulisan saya kali ini saya akan memberikan sedikit kiat-kiat untuk persiapan skripsi yang akan dihadapi dan sudah ada didepan mata. Pertama-tama kita harus berpikir dengan jernih apa yang ingin kita lakukan dan apa yang ingin kita buat sebagai bahan skripsi, kemudian tentukan judul pada skripsi kita.

      Pelajari dan pahami dengan materi yang akan kita gunakan sehingga sewaktu sidang skripsi kita sudah hafal diluar kepala saat penguji sidang mulai mengajukan pertanyaan. Ketiga biasakan mengerjakan dengan kemampuan kita (bukan orang lain) sehingga kita terbiasa saat mengerjakannya.

      Jangan malu bertanya kepada orang lain, ada pepatah “apabila malu bertanya maka sesat dijalan” hal ini pun berlaku pada saat persiapan skripsi, maka kita dapat bertanya kepada senior, dosen, maupun teman kita untuk memberikan saran dan masukan ketika nanti mengerjakan skripsi.

      Biasakan menulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar seperti EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), karena dosen pembimbing kita akan memeriksa tulisan yang kita ketik sehingga dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar akan mengurasi kesalahan penulisan dan revisi.

      Terakhir jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan meminta doa kepada kedua orangtua, saudara, dan teman, berkat doa mereka insya allah kita diberikan kemudahan dan kelancaran saat mengerjakan skripsi.

      Demikianlah sedikit kiat-kita yang dapat saya bagikan kepada pembaca. Semoga bermanfaat walaupun hanya singkat saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar